Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menyebutkan bahwa hingga saat ini capaian vaksinasi COVID-19 dosis keempat sekitar 6.091 orang atau 4,09 persen dari target 148.921 orang di wilayah tersebut.

"Kami terus pelaksanaan vaksinasi dosis keempat untuk masyarakat umum di Bengkulu dan pelaksanaan vaksin tersebut telah dimulai pada 28 Januari 2023," kata Plt. Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Provinsi Bengkulu Meli Puspasari di Kota Bengkulu, Minggu.
 
Ia menyebutkan bahwa pelaksanaan vaksin COVID-19 dosis keempat terus dilakukan sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat.
 
Meskipun saat ini Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ditiadakan, namun penularan wabah tersebut masih ada.
 
Meli mengimbau agar seluruh masyarakat di Provinsi Bengkulu yang berusia di atas 18 tahun ke atas untuk mendatangi fasilitas kesehatan terdekat untuk melaksanakan vaksinasi dosis keempat.
 
Berikut capaian vaksinasi COVID-19 dosis keempat di wilayah Bengkulu, seperti di Kabupaten Bengkulu Tengah sebanyak 12,62 persen, Kabupaten Kaur yaitu 2,41 persen.
 
Kabupaten Lebong sekitar 1,80 persen, Kabupaten Bengkulu Selatan yaitu 2,42 persen, Kota Bengkulu sebanyak 5,48 persen, Kabupaten Rejang Lebong 5,02 persen.
 
Kemudian Kabupaten Kepahiang 4,04 persen, Kabupaten Bengkulu Utara sekitar 4,41 persen, Kabupaten Seluma yaitu 1,27 persen dan Kabupaten Mukomuko 2,18 persen.
 
Sementara itu saat ini ketersediaan vaksin COVID-19 di Provinsi Bengkulu tersisa sekitar 3.210 dosis jenis Pfizer dan 940 dosis jenis Zifivax.
 
Ketersediaan vaksin tersebut untuk mencukupi kebutuhan pelaksanaan vaksinasi dan jika vaksin tersebut kurang maka Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu akan kembali mengusulkan penambahan vaksin.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023