Samosir, Sumut (Antara) - Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara siap memberikan dukungan kepada kelompok masyarakat dan perseorangan yang membudi-dayakan tanaman hortikultura di kawasan dataran tinggi Tele.

"Seperti perkebunan percontohan milik PT GDS (Gorga Duma Sari). Manfaatnya bakal turut dirasakan masyarakat sekitar," ujar Bupati Samosir, Mangindar Simbolon, saat panen perdana jeruk, Rabu.

Bupati optimistis kebun jeruk yang diprakarsai PT GDS bisa mendukung peningkatan ekonomi masyarakat, dan terserapnya tenaga kerja karena kawasan Tele sangat cocok dengan tanaman ini.

"Pemprov Sumatera Utara telah menetapkan daerah tinggi Tele sebagai pengembangan tanaman hortikultura," sebut bupati.

Bupati berpesan kepada pimpinan Badan Ketahanan Pangan dan Dinas Pariwisata mengemas produksi jeruk lebih baik, untuk dijual kepada wisatawan.

Dirut PT GDS, Jonny Sihotang mengatakan, program pengembangan kawasan buah bertujuan untuk menjamin kesinambungan pasokan buah ke pasar dalam dan luar negeri.

PT GDS kata Jonny, mengemas areal Tele menjadi perkebunan jeruk dan juga terong Belanda sebagai percontohan maupun pembibitan buah untuk dikembangkan petani. (Antara)

Pewarta: Oleh Waristo

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014