Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, dalam sebulan terakhir telah mengeliminasi 291 ekor anjing liar dari target 600 ekor hewan penular rabies tersebut.

"Sebanyak 291 ekor anjing liar yang dieliminasi," kata Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Edy Apriyanto, saat ditanya jumlah anjing liar yang telah dieliminasi oleh petugas instansi itu, di Mukomuko, Selasa.

Kegiatan eliminasi anjing liar tersebut digelar oleh instansi itu di enam kecamatan yang tinggi populasi anjing liar, dengan target sebanyak 600 ekor anjing.

Menurutnya, meskipun kegiatan eliminasi anjing liar telah selesai, namun petugas instansi itu tetap akan mengulang kembali melakukan eliminasi di enam kecamatan di daerah itu.

Karena, katanya, saat kegiatan eliminasi anjing liar di enam kecamatan tersebut, sedikit sekali ditemukan anjing yang berkeliaran di daerah itu.

"Saat kegiatan eliminasi banyak anjing yang tidak kelihatan oleh petugas berkeliaran sehingga jumlah hewan yang tereliminasi tidak sesuai target," ujarnya.

Untuk itu, katanya, petugas akan datang kembali ke enam kecamatan untuk mengeliminasi anjing anjing liar yang tidak ada saat eliminasi sebelumnya.

Ia menerangkan, enam kecamatan yang menjadi sasaran kegiatan eliminasi petugas, yakni Kecamatan Kota Mukomuko, Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan Penarik, Kecamatan Ipuh, Kecamatan XIV Koto, dan Kecamatan Air Manjuto.

Menurutnya, tidak hanya enam kecamatan itu, eliminasi anjing liar juga akan dilakukan di kecamatan lainnya di daerah itu. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014