Pemerintah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu melalui Dinas Ketahanan Pangan,  menyediakan sembako murah guna membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok, selama Pameran Pembangunan 2023 dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-20 daerah itu.
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko Edy Aprianto di Mukomuko, Selasa, mengatakan pemerintah daerah menyediakan sembako murah selama lima hari pada 20-25 Februari 2023 di stan dinas ini.
 
Ia menyebutkan pemerintah daerah menyediakan sembako murah berupa telur, beras dan minyak goreng.
 
Dari berbagai jenis sembako tersebut, katanya, yang paling banyak diminati telur ayam karena harganya lebih murah dibandingkan harga di pasaran.
 
"Harga telur ayam di pasaran sebesar Rp50.000 per karpet, kita jual di sini dengan harga Rp48.000," ujarnya.
 
Ia mengatakan, yang kurang peminatnya sembako jenis minyak goreng karena selisih harga dengan pedagang di pasar daerah ini tidak terlalu jauh.
 
Pemerintah daerah selain menyediakan sembako murah serta sayuran murah yang dipetik dari kebun kelompok wanita tani di daerah ini.
 
Ia menyebutkan ada berbagai jenis sayuran di stan pameran instansinya meliputi bawang merah, bawang putih, cabai merah dan sayur mayur.
 
Ia mengatakan berbagai jenis sayuran tersebut selain harganya murah dan sayuran tersebut alami sehingga aman untuk kesehatan.
 
"Sayuran yang kami jual di stan pameran dinas ini terutama bawang merah tidak ada yang menggunakan pestisida dan pupuk kimia, semuanya menggunakan pestisida nabati dan pupuk organik," ujarnya.
 
Sementara itu, ia mengatakan instansinya sejak beberapa bulan terakhir ini memfasilitasi kelompok wanita tani serta petani di daerah ini menjual sayuran melalui lapak dagang daring.
 
Masyarakat yang membutuhkan sayuran dari petani di daerah ini cukup memesan melalui aplikasi "Lado Jitan" kemudian kurir yang mengantarkan.
 
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023