Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mencatat sebanyak 827 orang warga setempat telah beralih menggunakan KTP digital atau kartu identitas kependudukan digital.
 
"Jumlah warga daerah ini yang beralih menggunakan KTP digital tersebut terbanyak kedua di Provinsi Bengkulu setelah Kota Bengkulu sebanyak 2.231 orang," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mukomuko Epin Masyuardi di Mukomuko, Selasa.
 
Ia mengatakan pihaknya selama pameran pembangunan dalam rangkaian memperingati hari jadi ke-20 daerah itu memberikan pelayanan pembuatan KTP digital bagi warga setempat yang berkunjung ke anjungan atau stand Disdukcapil.
 
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memberikan pelayanan pembuatan KTP digital bagi warga selama lima hari sejak tanggal 20-25 Februari 2023 atau sampai berakhirnya stand pemeran pembangunan di daerah ini.
 
Ia mengatakan rencananya pada bulan Maret tahun ini akan memberikan pelayanan pembuatan KTP digital keliling di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) setempat.
 
Selain memberikan pelayanan yang tersebar di lingkungan pemerintah daerah setempat sekaligus untuk 148 desa dan tiga kelurahan daerah ini.
 
"Kami akan menurunkan dua tim untuk melayani pembuatan KTP digital di OPD dan kami juga menurunkan kendaraan roda empat di dinas ini untuk memberikan pelayanan di seluruh desa di daerah ini," ujarnya.
 
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Mukomuko tahun ini mendapatkan target nasional pembuatan 50 persen dari sebanyak 134.317 orang warga yang telah melakukan perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el).
 
Dia mengatakan jumlah penduduk yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini terhitung sejak awal tahun 2023 sebanyak 196.749 jiwa, di antaranya 137.858 orang wajib memiliki KTP elektronik.
 
"Dari sebanyak 137.858 orang warga yang wajib memiliki KTP-elektronik di daerah ini, di antaranya 134.317 orang yang telah melakukan perekaman data KTP-el," kata Epin Masyuardi.
  

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023