Mukomuko (Antara) - Dinas Pendapatan Kekayaan dan Aset Daerah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, menyatakan lelang mobil dinas di daerah itu terbuka untuk umum.

"Lelang terbuka untuk umum. Siapa saja boleh ikut menawar," kata Kepala Dinas Pendapatan, Kekayaan, dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Mukomuko, Syahrizal, di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan hal itu membantah adanya tudingan jika kegiatan lelang mobil dinas di daerah itu sudah ada pemenangnya, yakni masing-masing pejabat yang memegang mobil dinas.

Menurutnya, tidak mesti pejabat pemegang mobil dinas yang mendapatkan mobil dinasnya saat lelang. Bisa saja orang lain yang nilai penawarannya lebih besar.

Kalau lelang itu sudah pemenangnya, menurutnya, bukan lelang umum lagi namanya tetapi lelang terbatas.

Dikatakannya, secara aturan cara cara seperti itu yang tidak boleh. Kecuali bupati dan ketua DPRD yang ikut lelang untuk mendapatkan mobil dinas yang dipegangnya.

Ia menerangkan, mobil dinas yang dilelang itu tidak hanya mobil dinas yang kondisi fisik dan mesinnya masih bagus termasuk mobil dinas yang rusak dan sedang diperbaiki di bengkel.       

Menurutnya, meskipun sejumlah mobil dinas tersebut tinggal kerangkanya saja, tetapi tetap dilelang dengan harga sesuai kondisi fisik kendaraan tersebut.

"Kalau mobil dinas itu tidak ada yang menawar maka aset negara itu akan dihapus," ujarnya.

Tidak hanya mobil dinas, katanya, aset negara seperti komputer lama juga akan dilelang dan aset aset lain seperti sepeda motor. ***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014