Mukomuko, (Antara) -  Komisi III DPRD Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melakukan inspeksi mendadak ke sekolah dan puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu.

"Inspeksi mendadak ini untuk mengetahui kondisi dan permasalahan pendidikan dan kesehatan di daerah ini," kata Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Mukomuko, Wisnu Hadi.

Ia mengatakan, pihaknya membagi tugas kepada anggota komisi melaksanakan sidak ke tiga daerah pemilihan (Dapil) di daerah itu, yakni dapil mukomuko satu, dapil dua, dan dapil tiga.

Menurutnya, semua sekolah SD, SMP, dan SMA termasuk puskesmas di daerah itu akan didatangi untuk mendapatkan data dan masukan terkait permasalahan pendidikan dan kesehatan di daerah itu.

Selain itu, lanjutnya, untuk mencarikan solusi dari permasalahan itu sebelum lembaga melakukan pembahasan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2015.

Karena, lanjutnya, hasil sidak itu nantinya dapat menjadi bahan lembaga itu untuk menerima atau menolak anggaran yang prioritas dan tidak untuk masuk dalam APBD 2015.

Setelah sidak ini, lanjutnya, pihaknya akan memanggil pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat termasuk Dinas Kesehatan di daerah itu.

Sebelumnya, katanya, lembaga itu telah mengadakan rapat dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terkait permasalahan pendidikan di daerah itu.

Diakuinya, bahwa tugas pendidikan sekarang ini adalah pemerataan penempatan tenaga guru di sejumlah sekolah termasuk sekolah di wilayah terpencil.

Selain itu, lanjutnya, permasalahan keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan di sejumalah sekolah di wilayah terpencil.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014