Mukomuko (Antara) - Warga di Desa Pondok Batu, Kabupaten Mukomuko, secara swadaya membangun rumah yang rusak akibat tertimpa pohon besar di wilayah itu.

"Warga di desa ini gotong royong memperbaiki kerusakan rumah buyung yang tertimpa pohon besar," kata Kepala Desa Pondok Batu, Syahrinal di Mukomuko, Senin.

Pohon kapuk besar yang telah lapuk tumbang menimpa satu rumah warga di Desa Pondok Batu, Sabtu (18/10), mengakibatkan bagian atas rumah itu rusak parah.

Syahrinal mengatakan, pohon besar itu menimpa tepat pada bagian tengah rumah Buyung. Saat pohon tumbang penghuni rumah sedang tidur.

Ia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu karena pohon tersebut tumbang hanya merusak bagian atap rumah Buyung.

Pohon besar tersebut tumpang diduga karena kondisi pohon kapuk tersebut sudah lapuk sehingga saat dihembus angin kencang bagian bawah pohon tersebut patah.

Setelah kejadian, warga swadaya membantu membangun rumah tersebut. Dan mengganti mayoritas bagian atap rumah yang tidak bisa dipakai lagi karena rusak.

Saat ini, rumah semi permanen itu sudah sudah tegak kembali dan ditempati oleh penghuni rumah tersebut.

Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko Iskandar mengingatkan warga untuk menebang pohon besar dekat rumahnya termasuk pohon kelapa.

Menurutnya, keberadaan pohon besar dapat mengancam bangunan rumah di dekatnya. Saat daerah itu dilanda cuaca ekstrim.

Ia menjelaskan, tidak hanya sekali rumah rusak akibat tertimpa pohon di daerah itu. Ada juga rumah tertimpa pohon kelapa dan buah kelapa dalam jumlah banyak sehingga merusak rumah.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014