Mukomuko (Antara) - Harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, pada periode kedua bulan Oktober 2014 masih tetap sebesar Rp1.312 per kilogram.

"Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit belum ada perubahan karena periode kedua rapat penetapan harga TBS kelapa sawit berakhir bulan ini," kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Wahyu Hidayat, di Mukomuko, Rabu.

Harga TBS kelapa sawit itu, menurutnya, berdasarkan keputusan rapat tim penetapan harga pembelian TBS kelapa sawit Provinsi Bengkulu, periode kedua bulan Oktober 2014.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil rapat kedua tim sepakat harga TBS kelapa sawit terendah sebesar Rp1.123 per kilogram dan harga tertinggi Rp1.502 per kilogram.

Dari dasar harga terendah dan tertinggi TBS kelapa sawit itu, lanjutnya, ditetapkan harga TBS di tingkat pabrik sebesar Rp1.312 per kilogram.

"Rapat tim itu dilakukan dua kali dalam sebulan atau dua periode. Dan harga TBS kelapa sawit itu berlaku dua minggu sekali," ujarnya.

Untuk harga TBS kelapa sawit di daerah itu, lanjutnya, belum ada perubahan masih harga lama dan harga tersebut berubah setelah rapat tim di Bengkulu.

"Awal bulan November 2014 akan ada rapat tim untuk menetapkan harga TBS kelapa sawit dua minggu kedepan atau untuk periode pertama," ujarnya lagi.

Karena masih berlaku harga TBS kelapa sawit yang lama, ia minta, perusahaan atau pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit berpedoman dengan harga tersebut dalam membeli TBS kelapa sawit petani.

"Kalau ada perusahaan yang membeli TBS kelapa sawit petani dibawah harga itu, sama saja melanggar aturan," ujarnya lagi.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014