Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Curup yang membawahi empat kabupaten di Provinsi Bengkulu menyebutkan dua kabupaten di wilayah itu berhasil mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC).

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Curup Eka Natalia Setiani dalam keterangan tertulisnya di Rejang Lebong, Selasa (14/3), mengatakan dua kabupaten di wilayah kerjanya yang berhasil mencapai UHC kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional, Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) ini ialah Kabupaten Lebong dan Kabupaten Kepahiang.

"Pemkab Lebong serta Pemkab Kepahiang sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage terhitung sejak November 2022," kata dia.

Dia menjelaskan capaian UHC di Kabupaten Lebong ini sebanyak 106.118 jiwa penduduk Kabupaten Lebong telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 110.233 jiwa atau sebesar 96,27 persen.

Sedangkan untuk Kabupaten Kepahiang jumlah warga setempat yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sebanyak 147.764 jiwa dari jumlah penduduk 153.232 jiwa atau sebesar 96,43 persen.

Dia berharap capaian UHC kepesertaan JKN-KIS ini juga nantinya akan diikuti dua kabupaten lainnya yakni Kabupaten Rejang Lebong dan Bengkulu Utara.

Sementara itu Bupati Lebong Kopli Ansori mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian UHC di daerahnya, dan mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Curup yang telah bekerja keras agar masyarakat di wilayahnya bisa terjamin ke dalam program JKN-KIS.

"Dengan telah tercapainya UHC di Kabupaten Lebong maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani. Ke depan kami akan terus memastikan seluruh penduduk Kabupaten Lebong tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program JKN-KIS," ujar Kopli.

Penyerahan penghargaan atas capaian kepesertaan JKN-KIS terhadap 22 provinsi, 334 kabupaten dan kota di Tanah Air ini salah satunya ialah penghargaan untuk Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu yang diserahkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Jakarta.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023