Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memastikan daging sapi dan kerbau yang dijual para pedagang setempat aman, sehat, dan halal.
 
Kepastian daging sapi dan kerbau aman dan sehat dari hasil pemeriksaan yang dilakukan sejumlah petugas peternakan dan kesehatan hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko.
 
"Sudah kami periksa daging dan hatinya, kalau dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan daging sapi yang sakit atau hati sapi yang mengandung cacing," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Diana Nurwahyuni di Mukomuko, Rabu.
 
Petugas peternakan dan kesehatan hewan sejak beberapa hari terakhir sampai sekarang melakukan pemeriksaan daging dan hati sapi dan kerbau yang dijual oleh pedagang di daerah ini.
 
Ia mengatakan, saat ini jumlah pedagang daging di daerah ini lebih banyak dibandingkan hari biasanya, atau banyak pedagang daging sapi dan kerbau dadakan.
 
"Sampai hari ini kami masih memeriksa daging sapi dan kerbau yang dijual oleh pedagang daging yang lama maupun pedagang daging dadakan di daerah ini," ujarnya pula.
 
Sementara itu, ia mengatakan, petugas peternakan dan kesehatan hewan  keliling melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak sapi dan kerbau pada saat pemotongan di rumah potong hewan (RPH) dan di luar RPH.
 
Ia memastikan, tidak ada hewan ternak sapi dan kerbau yang disembelih terjangkit penyakit berbahaya sehingga daging sapi dan kerbau yang dijual untuk kebutuhan masyarakat saat bulan Ramadhan tahun ini aman dan layak konsumsi.
 
Sementara itu, harga daging sapi dan kerbau di daerah ini bervariasi, namun harga daging sejak beberapa hari sebelum bulan Ramadhan masih stabil berkisar Rp130 ribu-Rp170 ribu per kg.
 
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023