Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu pada tahun 2023 kembali mengadakan bantuan seragam sekolah gratis untuk pelajar tingkat SD dan SMP yang ada di wilayah itu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong Rezza Pakhlevie saat dihubungi di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan bantuan seragam sekolah gratis ini merupakan program prioritas daerah itu karena merupakan salah satu misi-visi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong pada Pilkada serentak 2020 lalu.

"Program bantuan seragam sekolah gratis ini Insya Allah akan kita laksanakan pada tahun ajaran baru tahun 2023 ini, bantuan seragam ini akan diberikan kepada pelajar kelas satu SD dan pelajar kelas satu SMP," kata dia.

Dia menjelaskan program bantuan seragam sekolah gratis ini merupakan periode kedua masa pemerintahan Bupati Syamsul Effendi dan Wakil Bupati Hendra Wahyudiansyah, di mana bantuan serupa juga diberikan pada Desember 2022 lalu.

Program bantuan seragam gratis ini akan diberikan kepada sekolah tingkat SD dan SMP baik negeri maupun swasta yang terdaftar di bawah jajaran Dikbud Rejang Lebong.

"Anggaran pengadaan bantuan seragam gratis tahun 2023 telah disiapkan dalam APBD Rejang Lebong 2023 berkisar Rp1,4 miliar," terangnya.

Sejauh ini jumlah penerima bantuan seragam tersebut, kata dia, belum diketahui karena masih menunggu penerimaan siswa baru tahun ajaran 2023/2024 pada Juli mendatang.

Sementara itu wacana penambahan penerima bantuan untuk pelajar Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di bawah naungan Kemenag, tambah dia, masih akan diperjuangkan pihaknya melalui nota dinas yang dibuat beberapa waktu lalu kepada Bupati Rejang Lebong dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Sebelumnya pada tahun 2022 lalu Dikbud Rejang Lebong menyalurkan bantuan seragam sekolah gratis untuk pelajar kelas satu SD dan kelas satu SMP di daerah itu dengan jumlah mencapai 8.584 orang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023