Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan pihaknya menerima dana alokasi khusus (DAK) bidang jalan sebesar Rp20 miliar pada 2023.

"Dana DAK bidang bina marga yang kita terima tahun ini sebesar Rp20 miliar yang terbagi dalam dua paket pekerjaan," kata kepala Dinas PUPR Rejang Lebong Rector Vande Armada di Rejang Lebong, Bengkulu, Kamis.

Dia menjelaskan dua paket pekerjaan tersebut ialah peningkatan Jalan Desa Lubuk Kembang, Kecamatan Curup Utara, hingga Desa Pagar Gunung, Kecamatan Bermani Ulu, sepanjang 5,9 km dengan pembiayaan sebesar Rp12,2 miliar.

Kemudian, pekerjaan lanjutan peningkatan Jalan Desa Lubuk Tunjung di Kecamatan Sindang Beliti Ilir sebesar Rp7,5 miliar.

Dia menjelaskan dua paket proyek yang dibiayai DAK itu sudah selesai ditenderkan dan kini sudah masuk dalam pengerjaan.

"Saat ini, yang sudah kita lelangkan di UPBJ Rejang Lebong ada empat paket, di mana yang sudah teken kontrak ada dua paket pekerjaan. Sedangkan, dua paket lagi jasa konsultan," terangnya.

Anggaran yang diterima Dinas PUPR tahun ini, menurut dia, sebesar Rp101 miliar terbagi dalam bidang marga sebanyak 27 paket dengan nilai mencapai Rp70 miliar dan sisanya untuk kegiatan pembangunan di bidang cipta karya, irigasi, dan pemukiman.

Pertama kali dikerjakan ialah perbaikan jalan yang sebelumnya dikeluhkan warga yakni peningkatan Jalan H Agus Salim di Desa Rimbo Recap, Kecamatan Curup Selatan, senilai Rp2,5 miliar.

Sedangkan, proyek prioritas lainnya ialah peningkatan Jalan Kartini di Kecamatan Curup senilai Rp1,8 miliar yang posisinya berada di dalam kota.

"Untuk jalan Rimbo Recap ini setelah kami melihat perencanaannya masih tahun 2017 dengan kondisi jalan masih mulus, tetapi saat kondisinya sudah rusak, sehingga harus dilakukan perencanaan ulang dan diperkirakan baru bisa berjalan beberapa bulan ke depan," ujar Rector.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023