Kepolisian Resor Mukomuko, Bengkulu, menyiagakan 130 orang personel gabungan untuk mengawal kegiatan Hari Buruh pada 1 Mei 2023 di daerah itu.

"Personel gabungan akan mengawal buruh yang melakukan pengerahan massa pada hari buruh di dua lokasi aksi demonstrasi, yakni Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mukomuko dan Sekretariat DPRD Mukomuko," kata Kepala Kepolisian Resor Mukomuko AKBP Nuswanto di Mukomuko, Senin.

Ia menyebutkan personel gabungan yang akan mengawal aksi demonstrasi dalam rangka Hari Buruh terdiri atas Kepolisian Resor setempat, TNI, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan Kabupaten Mukomuko.

Ia mengatakan pihaknya menyiagakan sebanyak ratusan personel gabungan ini untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana anarkis dalam aksi unjuk hari Hari Buruh.

Ia memperkirakan sebanyak 555 orang buruh yang akan melakukan aksi demonstrasi di Kantor Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mukomuko dan Sekretariat DPRD Kabupaten Mukomuko.

Ia mengatakan pihaknya sebelumnya mendapatkan pemberitahuan terkait adanya aksi demonstrasi para buruh dari sejumlah organisasi buruh yang tersebar di daerah ini.

Ia berharap aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh ratusan para buruh di daerah ini dapat berjalan aman dan tertib tanpa ada tindakan anarkis dari para buruh.

"Kami akan menjaga ketat aksi unjuk rasa ini agar tidak terjadi tindakan anarkis dari oknum buruh yang melakukan aksi demonstrasi," ujarnya.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Kesbangpol Mukomuko berharap aksi demontsrasi parah buruh pada Hari Buruh tahun ini tidak terjadi tindakan anarkis dari para demonstran.

"Kita berharap tidak terdapat hal-hal yang tidak kita inginkan," ujarnya.

Dalam demonstrasi para buruh ini dihadiri oleh Wakil Bupati Mukomuko Wasri, Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko Abdiyanto, Kepala Dinas Perhubungan Ruslan, dan Kepala Dinas Penanaman Modal Juni Kurniadiana.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023