Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, akan menggelar pekan budaya daerah lokal dan nasional di wilayah itu pada 10-29 Mei 2023 mendatang.

Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan pekan budaya daerah tersebut dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Kota Curup (Ibu Kota Rejang Lebong) ke-143 yang akan dipusatkan di Lapangan Dwi Tunggal Curup.

"Saya mengajak seluruh pihak untuk menyukseskan kegiatan festival budaya dalam rangka HUT Kota Curup ke-143 tahun 2023. Festival budaya ini selain akan menampilkan seni budaya lokal juga daerah lainnya di Tanah Air," kata dia.

Dia menjelaskan kegiatan festival budaya itu sendiri selain dilaksanakan dalam rangka HUT daerah itu juga untuk melestarikan seni dan budaya lokal terutama suku Rejang di tengah derasnya kemajuan teknologi dan informasi saat ini.

Pelaksanaan pekan budaya daerah ini diharapkan dapat mengundang wisatawan dan pelaku usaha untuk datang ke Kabupaten Rejang Lebong, mengingat pada kegiatan ini juga akan dimeriahkan dengan pelaksanaan bazar UMKM.

Sementara itu Asisten I Bidang Tata Pemerintahan, Hukum dan Kesra Pemkab Rejang Lebong Pranoto Majid menambahkan pada peringatan HUT Kota Curup kali ini akan diisi dengan kegiatan festival budaya daerah dan bazar UMKM juga aneka perlombaan serta pementasan musik.

"Kegiatan perlombaan dan kegiatan-kegiatan lainnya akan kita laksanakan hingga tanggal 27 Mei dan dilanjutkan penutupan secara adat dan pembagian hadiah pada malam harinya," jelas dia.

Rangkaian kegiatan HUT daerah itu, kata dia, akan diawali dengan tablig dan zikir akbar di Rumah Dinas Bupati Rejang Lebong pada 10 Mei dan dilanjutkan dengan prosesi adat Suku Rejang Lebong yang dinamakan "kedurai sudut" pada malam harinya dan keesokan harinya dilakukan pawai adat dan upacara pembukaan festival budaya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023