Mukomuko (Antara) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melakukan pengasapan atau fogging sebagai langkah antisipasi terhadap wabah Demam Berdarah Dengue di rumah-rumah penduduk di kabupaten itu.

"Saat ini sedang berjalan kegiatan pengasapan untuk mengantisipasi meningkatnya penderita demam berdarah dengue (DBD) di daerah ini," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten, Syafriadi, di Mukomuko, Selasa.

Berdasarkan data awal bulan Desember 2014 sebanyak 37 orang warga setempat yang terjangkit DBD, dua orang diantaranya meninggal dunia. Jumlah warga setempat yang terjangkit DBD tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 21 orang penderita.

Menurutnya, instansi itu melakukan pengasapan di pemukiman penduduk di daerah itu agar penyebaran penyakit yang disebabkan oleh nyamuk ini tidak meluas.

Selain, lanjutnya, instansi itu juga melakukan pengasapan fokus di wilayah yang ada penderita DBD dengan radius pengasapan dari lokasi sejauh 100 meter.

Sedangkan, lanjutnya, wilayah di daerah itu yang menjadi fokus kegiatan pengasapan petugas instansi ini di Kecamatan Kota Mukomuko yang banyak penderita DBD.

Ia berharap, dengan rutinitas pengasapan di pemukiman pendudukan di daerah itu dapat mengurangi jumlah kasus DBD tahun 2015 di daerah itu.     

Selain itu, lanjutnya, instansi itu melalui 17 puskesmas juga  memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar menjaga lingkungan sekitar dan dan menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Karena, lanjutnya, pemberantasan sarang nyamuk DBD ini tidak mampu dikerjakan oleh instansi tetapi bersama-sama dengan instansi lain dan warga setempat.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014