Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Senin, menyalurkan bantuan satu unit mesin untuk mempermudah menanam padi atau "Rice Transplanter" kepada kelompok tani di daerah itu.  

"Bantuan mesin penanam padi untuk kelompok tani di daerah ini," kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko Elanxandi Ultria Darma, di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, sedangkan pengelola mesin penanam padi yakni usaha pelayanan jasa alsintan (UPJA) Kecamatan XIV Koto.

Menurutnya, kelompok tani yang membutuhkan mesin tersebut untuk menanam padi bisa meminjamnya kepada UPJA.

Akan tetapi, lanjutnya, operasional bahan bakar minyak (BBM) mesin penanam padi ini ditanggung oleh kelompok tani tersebut termasuk tanggungjawab jika mesin itu rusak saat digunakan.

"UPJA itu hanya menyediakan mesin saja, biaya BBM dan pemeliharaan mesin ditanggung oleh kelompok tani," ujarnya.

Ia menerangkan, baru kelompok tani di wilayah kerja UPJA Kecamatan XIV Koto diberikan mesin karena di lokasi itu termasuk sentra pertanian tanaman pangan padi.

Selain itu, lanjutnya, UPJA di wilayah itu termasuk berhasil dalam meningkatkan produksi pertanian pangan di daerah itu.    

Ia menerangkan, instansi itu akan mengupayakan mengusulkan penambahan mesin penanam padi tahun 2015 di APBD perubahan.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014