Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan tujuan akhir program Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) daerah yang digelar BPS dengan melibatkan pemerintah daerah untuk memastikan berbagai bantuan bagi masyarakat serta program intervensi lainnya dapat tersalurkan tepat sasaran ke masyarakat yang membutuhkan.

"Regsosek merupakan program strategis yang diperintahkan langsung oleh bapak presiden kepada BPS untuk memotret kondisi sosial ekonomi masyarakat Indonesia secara benar. (Dengan keterlibatan unsur pemerintahan di tingkat bawah) harusnya potret yang dihasilkan tepat, dan ke depan tidak ada lagi bantuan tak tepat sasaran," katanya di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan di tahun-tahun sebelumnya masih ada bantuan yang tak tepat sasaran karena proses pendataan belum sempurna dan keterlibatan pemerintahan di lingkungan warga juga masih kurang.

Kemudian, ketika pemerintahan di lingkungan warga menerima keluhan tidak tepat sasarannya bantuan sosial dan program intervensi lainnya, alasan yang diungkapkan yakni karena ketidakterlibatan daerah saat pendataan.
 
Namun ke depan, kata dia, tidak ada lagi alasan seperti itu, atau nama-nama masyarakat yang didata ternyata masih tidak sesuai dengan kondisi sosial sebenarnya.
 
"Berbeda kali ini, semua terlibat sampai ke lurah, RT, RW, Babinsa dan Bhabinkantibmas yang paling paham kondisi warga di wilayahnya. Kelurahan, RT, RW mendapatkan ruang untuk memastikan Regsosek ini datanya akurat," kata gubernur.
 
Jadi, katanya, potret masyarakat yang dihasilkan Regsosek dengan keterlibatan semua unsur dapat menempatkan masyarakat sesuai level atau sesuai klasifikasi kondisi sosial kesejahteraan yang sebenarnya.
 
"Dan semua pihak nantinya harus dapat mempertanggungjawabkan, karena semua sudah terlibat saat Regsosek. Oleh karena itu ke depan bantuan pemerintah harusnya tepat sasaran," katanya.
 
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memantau memantau forum konsultasi publik pendataan awal registrasi sosial ekonomi dengan tema "Satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat" yang digelar di Kelurahan Dusun Besar Kota Bengkulu pada Jumat (19/5) 2023.
 
Ia ingin memastikan forum tersebut benar-benar menghasilkan data yang akurat dan dapat menjadi acuan dalam menyalurkan berbagai program, intervensi dan kebijakan pemerintah demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Update Berita Antara Bengkulu di Google News

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023