Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini kembali menggelar lomba karya seni antarpelajar tingkat sekolah menengah pertama dan atas di daerah itu.

"Lomba karya seni yang diperlombakan nantinya yakni seni tari dan musik," kata Kabid Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Yulia Reni, di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan, lomba karya seni digelar rutin setiap tahun di daerah itu guna meningkatkan kemampuan pelajar dalam bidang seni terutama seni masyarakat setempat pada zaman dahulu.

Sehingga, lanjutnya, seni tari dan musik masyarakat setempat pada zaman dahulu tetap lestari sampai sekarang melalui even perlombaan karya seni ini.

Dikatakannya, jika tahun sebelumnya instansi itu hanya menggelar perlombaan karya seni saja, tahun 2015 ini rencananya akan diadakan ada dua agenda lomba band dan marching band.

Ia berharap, dengan adanya penambahan dua agenda perlombaan ini dapat memeriahkan acara lomba karya seni antarpelajar se-kabupaten setempat.

Mulai dari sekarang, lanjutnya, pihaknya telah menyampaikan ke seluruh sekolah agar mempersiapkan perwakilan pelajarnya yang akan mengikuti perlombaan karya seni, lomba band, dan marcimben.

Ia menerangkan, pihak panitia dari dinas ini tidak akan membatasi pelajar yang akan mengikuti perlombaan karya seni tersebut. Sepanjang pesertanya pelajar SMP dan SMA di kabupaten itu.

"Pelajar yang merasa memiliki kemampuan dalam bidang seni dapat mengikuti perlombaan yang rencananya digelar dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Sementara itu, lanjutnya, dewan juri dalam acara lomba ini berasal dari dinas setempat dan seniman dari dan luar daerah itu. ***4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015