Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu mengatakan, ketersediaan hewan kurban jenis sapi, kerbau dan kambing di Bengkulu cukup, yaitu 41.928 ekor dari total kebutuhan masyarakat 22.141 ekor.
 
"Untuk ketersediaan hewan ternak di Provinsi Bengkulu saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1444 Hijriah yang dilaksanakan pada akhir Juni 2023," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu M. Syarkawi di Kota Bengkulu, Selasa.
 
Ia menyebutkan bahwa 41.928 ekor tersebut terdiri dari 25.683 ekor jenis kambing dengan kebutuhan masyarakat pada pelaksanaan Idul Adha 1444 Hijriah sekitar 11.776 ekor.
 
Kemudian 13.574 ekor hewan jenis sapi tersedia di Provinsi Bengkulu dengan kebutuhan kurban sekitar 8.832 ekor dan ketersediaan hewan jenis kerbau sebanyak 2.671 ekor dari kebutuhan yaitu 1.533 ekor.
 
"Untuk jumlah ternak di Bengkulu sangat cukup, mengingat kebutuhan ternak untuk hari raya kurban terbilang tidak begitu banyak," ujar dia.
 
Sebab, pada 2022, total hewan ternak yang dikurbankan pada hari raya Idul Adha 1443 Hijriah sebanyak 9.823 ekor, sehingga jumlahnya juga tidak akan turun atau naik signifikan.
 
Lanjut Syarkawi, pihaknya akan menurunkan tim untuk mengamati dan mengawasi kondisi hewan kurban melakukan pemantauan harga di tingkat peternak.
 
Pengecekan rutin tersebut dilakukan agar memastikan tidak ada daging sapi yang dijual terkontaminasi oleh virus atau penyakit hewan lainnya.
 
Sementara itu, saat ini kasus PMK di Provinsi Bengkulu nol kasus, namun pihaknya tetap menerapkan pembatasan kedatangan hewan ternak dari luar wilayah dengan menyertakan surat keterangan sehat hewan atau SKKH.
 
Pemeriksaan surat keterangan sehat untuk hewan ternak yang masuk ke Bengkulu dilakukan di wilayah perbatasan seperti di Kabupaten Kaur, Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Mukomuko.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023