Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan niat daerah ini untuk membangun Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) kepada Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksamana Madya TNI Irvansyah S.H., CHrmp., M Tr opsla.
 
"Saya kira untuk pengamanan wilayah barat Sumatera ini sangat penting sekali dengan mengintegrasikan Lanudal bersama Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu dan Markas Lanal Bengkulu yang tidak jauh dari Bandara Fatmawati, hanya berjarak sekitar 5 kilometer," kata Gubernur Rohidin Mersyah di Bengkulu, Selasa.
 
Menurut dia, Pemerintah Provinsi Bengkulu sebenarnya sudah pernah menginisiasi pembangunan tersebut pada 2017, namun sampai sekarang Lanudal Bengkulu belum terealisasi.
 
"Saya kira Bapak Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Irvansyah bisa mendorong itu (terealisasi) untuk keamanan wilayah barat Sumatera," kata dia.
 
Sementara itu Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Irvansyah menyebutkan pangkalan udara berpotensi ada di Provinsi Bengkulu. Namun, pembangunan tentunya perlu melalui kajian dan evaluasi.
 
"Mungkin nanti di sini bisa dibangun pangkalan udara atau ada Kantor TNI Angkatan Udara," kata Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Irvansyah.
 
Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Irvansyah melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Bengkulu selama 3 hari dari Selasa (23/5) hingga Kamis (25/5) 2023.
 
Laksamana Madya TNI Irvansyah memiliki beberapa agenda di provinsi berjuluk Bumi Raflesia tersebut, di antaranya memantau kesiapan pengiriman prajurit ke pulau terluar Indonesia, Pulau Enggano Bengkulu.
 
Kemudian, Pangkogabwilhan I diagendakan bertemu dengan para pelajar di Kota Bengkulu untuk memberikan motivasi agar para siswa dapat menjadi pilar-pilar bangsa di masa depan.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023