Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan membangun tempat beristirahat berupa gazebo untuk pengunjung objek wisata Danau Nibung pada 2015.

"Tahun ini kami akan membangun tiga gazebo berupa bangunan permanen untuk tempat beristirahat pengunjung Danau Nibung," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko, Yanzuri Nawawi, melalui Kabid Periwisata Sapuan di Mukomuko, Rabu.

Menurut dia, gazebo dibangun dengan konstruksi permanen, bertiang beton dengan atap berbentuk empat persegi dan dilengkapi tempat duduk.

Ia mengatakan dana untuk pembangunan tempat beristirahat bagi wisatawan itu  bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp150 juta.

Menurut dia, saat ini sudah ada dua gazebo dalam objek wisata Danau Nibung namun bangunan itu sudah banyak yang rusak bahkan satu diantaranya tidak ada lagi tempat duduknya.

Ia mengharapkan pembangunan tiga gazebo itu dapat menambah jumlah fasilitas untuk tempat beristirahat di objek wisata andalan daerah itu.

"Kalau usulan awalnya dari dinas ini sebanyak 10 gazebo. Namun yang terealisasi hanya tiga unit," ujarnya.  

Terkait lokasi pembangunannya, menurutnya, masih dikoordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan Bagian Administrasi Hukum pemerintah setempat agar tidak melanggar aturan kehutanan karena berada dalam kawasan konservasi atau di sempadan Danau Nibung.

Ia menargetkan kegiatan pembangunan tempat beristirahat pengunjung Danau Nibung ini dilaksanakan paling lama pada triwulan kedua tahun 2015.

Sedangkan fasilitas yang sama untuk objek wisata Danau Lebar, lanjut dia belum bisa dibangun tahun 2015 karena keterbatasan anggaran.

"Kami mengusulkan pembangunan 10 gazebo yaitu lima dibangun di Danau Nibung dan lima di Danau Lebar," katanya.***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015