Bengkulu (Antara) - Pemerintah Provinsi Bengkulu memberi bantuan berupa sapi dan kambing untuk meningkatkan pendapatan para petani di daerah itu.

"Bantuan sapi dan kambing untuk kelompok tani agar pendapatan mereka meningkat," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu Irianto Abdullah di Bengkulu, Senin.

Jumlah ternak yang diberikan kepada kelompok tani sebanyak 700 ekor sapi dan 350 ekor kambing.

Anggaran pengadaan bantuan ternak untuk kelompok tani itu menurut Irianto sudah disetujui dalam APBD Provinsi Bengkulu tahun anggaran 2015.

Untuk mendapatkan bantuan tersebut, kelompok tani harus mengajukan proposal permintaan bantuan ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

"Nanti proposal itu akan diverifikasi oleh tim di dinas, termasuk memastikan keberadaan kelompok ke wilayah masing-masing," ucapnya.

Setelah proses verifikasi, kelompok tani yang terpilih sudah menerima bantuan tersebut paling lambat pada Agustus 2015.

Irianto menambahkan, selain meningkatkan pendapatan petani, program tersebut juga untuk mendukung target swasembada daging sapi dan kambing di daerah itu.

Untuk mencegah penyelewengan bantuan ternak tersebut, Disnakwan sudah membentuk tim yang akan melakukan pengawasan.

"Kalau sudah berkembang biak bisa dijual, tapi kalau masih sapi atau kambing bantuan, tidak bisa dijual," katanya.

Ia menambahkan, selama ini Provinsi Bengkulu sudah mampu memenuhi kebutuhan daging dalam daerah, termasuk untuk menghadapi perayaan hari besar keagamaan.***4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015