Pengamanan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak dalam 66 desa di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu yang akan dilaksanakan 21 Juni 2023 nanti melibatkan 640 personel gabungan yang ada di daerah itu.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Juda Trisno Tampubolon saat memimpin gelar pasukan pengamanan pilkades serentak 2023 yang dikemas dalam Operasi Mantap Praja Suban 2023 di Mapolres Rejang Lebong, Rabu, mengatakan personel pengamanan pilkades serentak di wilayah itu merupakan gabungan Polres Rejang Lebong dan polsek jajaran, kemudian anggota TNI, Brimob dan Linmas.

"Personel yang terlibat diantaranya sebanyak 208 personel Polres Rejang Lebong dan polsek jajaran, dibackup oleh TNI sebanyak 25 personel, Brimob 25 personel serta 382 personel Linmas," kata dia.

Dia menjelaskan pengerahan personel gabungan untuk pengamanan pilkades serentak yang akan digelar dalam 66 desa tersebar di 13 kecamatan di Rejang Lebong tersebut untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pemilihan dan pascapemilihan kepala desa.

"Hal ini tentunya menunjukkan keseriusan Polri dalam melaksanakan pengamanan pesta demokrasi tingkat Desa untuk menentukan masa depan desa selama enam tahun ke depan," terangnya.

Pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Rejang Lebong kali ini, tambah dia, akan diikuti oleh 191 calon kepala desa yang akan memperebutkan mata pilih sebanyak 78.275 pemilih.

Ia mengimbau personel gabungan yang dikerahkan dalam pengamanan pilkades serentak ini agar dapat menjalankan pengamanan secara ketat mulai pergeseran surat suara baik sebelum pemungutan suara maupun setelah pemungutan suara.

Dia juga mengimbau kalangan masyarakat Kabupaten Rejang Lebong agar dapat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di desanya masing-masing sehingga nantinya tidak terjadi gangguan kamtibmas yang bisa mengganggu jalannya pemerintahan.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023