Bengkulu (Antara-IPKB) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Bengkulu sosialisasikan program KB mix kontrasepsi jangka panjang (MKJP) pada era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Hal itu guna menumbuhkan kesertaan KB kontrasepsi jangka panjang, yang selama ini masih tergolong rendah peserta jenis tersebut. 

Maryana mengatakan, langkah itu merupakan tindaklanjut kerjasama dua lembaga yakni BKKBN dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dalam meningkatkan layanan program keluarga berencana di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Sistem JKN merupakan peluang emas bagi program keluarga berencana, salah satunya untuk menjamin pelayanan KB bagi warga miskin," katanya di Bengkulu usai membuka sosialisasi kontrasepsi jangka panjang baru ini.

Ia menjelaskan, jenis kontrasepsi jangka panjang seperti implant, intera uterine device (IUD) MOP dan MOW.
Sedangkan penggunaan kontrasepsi oleh pasangan usia subur di daerah itu masih banyak menggunakan metode jangka pendek yakni pil, suntik, kondom, jenis tersebut rentan terjadinya kegagalan, terutama bagi peserta di wilayah perdesaan yang sulit akses pelayanan.

Terhadap hal itu, bagi peserta KB di wilayah tersebut sebaiknya dalam menggunakan kontrasepsi jangka panjang, imbunya. 

Kerjasama dua instansi itu, meliputi peningkatan layanan KB, khususnya bagi masyarakat miskin, sebut Maryana.

Disamping itu, pelayanan KB tersedia di fasilitas kesehatan milik pemerintah dan swasta, baik tingkat pratama dan rujukan tingkat lanjutan.

Kerja sama lainnya, tambah dia, meliputi pengadaan konseling, kontrasepsi dasar, kontrasepsi jangka panjang (vasektomi dan tubektomi) dan mekanisme pemberian pelayanan KB bagi peserta yang telah terdaftar pada BPJS kesehatan.

Selain itu, peningkatan kompetensi dokter dan bidan dalam pelayanan KB, sosialisasi pelayanan KB dalam JKN, pencatatan dan pelaporan pelayanan KB, monitoring dan evaluasi serta pelayanan KB pada daerah yang tidak ada fasilitas kesehatan yang memenuhi syarat, ujar kepala Perwakilan BKKBN Bengkulu.(rs) 

Pewarta: Oleh Idris

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015