Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, memastikan hewan kurban yang diperjualbelikan kepada masyarakat di daerah ini dalam kondisi sehat dan aman dikonsumsi saat Idul Adha karena sudah menjalani pemeriksaan petugas peternakan dan kesehatan hewan setempat.
 
"Kalau pemeriksaan hewan kurban sejauh ini kondisinya sehat dan aman dikonsumsi," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Diana Nurwahyuni di Mukomuko, Selasa.
 
Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko sebelumnya mengerahkan tim khusus untuk memeriksa kesehatan hewan kurban menjelang dan pada Idul Adha 1444 Hijriah.
 
Sekitar 30 orang yang tergabung dalam tim ini yang terdiri atas tujuh dokter hewan, tenaga medis, dan kesehatan hewan di tiga pusat kesehatan hewan.
 
Ia mengatakan petugas yang tergabung dalam tim ini melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di tempat "toke" yang menjual hewan kurban tersebar di sejumlah wilayah  ini.
 
Ia menambahkan petugas melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di sejumlah kandang milik "toke" yang menjual hewan kurban, yakni tiga kandang di Kecamatan Kota Mukomuko, dua kandang di Kecamatan Penarik, dan kandang di Kecamatan Ipuh.
 
"Pemeriksaan kesehatan hewan kurban di wilayah Kecamatan Ipuh dilakukan oleh petugas peternakan dan kesehatan hewan di pusat kesehatan hewan (puskeswan) di wilayah tersebut," ujarnya.
 
Selanjutnya, katanya, pemeriksaan kesehatan hewan kurban dilakukan pada hari pelaksanaan pemotongan hewan kurban di masjid dan mushalla yang tersebar di daerah ini.
 
Ia menjelaskan petugas peternakan dan kesehatan hewan akan melakukan pemeriksaan kesehatan daging hewan kurban yang disembelih saat Hari Raya Idul Adha tahun ini.
 
Selanjutnya, ia meminta kepada panitia penyelenggara pemotongan hewan kurban saat Idul Adha yang tersebar di daerah ini untuk melaporkan apabila menemukan hewan kurban yang sakit kepada petugas terdekat.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023