Bengkulu (Antara) - Forum Ekowisata Sukabaru Bengkulu menawarkan 12 paket ekowisata ke habitat gajah Sumatera di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Seblat, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu.

"Ada 12 paket ekowisata yang ditawarkan bagi pecinta wisata alam bebas, bekerja sama dengan kelompok masyarakat di sekitar habitat gajah Sumatra," kata Pendamping Lapangan Program "Tropical Forest Conservation Action" (TFCA) dari Yayasan Ulayat Rahmat Hidayat di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan penyusunan paket ekowisata itu digelar bersama masyarakat Desa Sukabaru Kecamatan Margabakti Seblat yang juga tergabung dalam Forum Ekowisata Sukabaru.

Setelah melakukan penelitian dan survei potensi ekowisata di wilayah itu, disusun 12 paket yang siap ditawarkan kepada para wisatawan.

Adapun 12 paket tersebut yakni tujuh paket terdapat di dalam TWA Seblat dan lima paket berada di luar kawasan itu.

Rahmat mengatakan, di masing-masing paket tersebut ada program adopsi pohon di mana wisatawan akan menanam pohon di Pulau Seblat, yang menjadi sentra penghijauan.

Dari 12 paket itu, lima paket berada di luar kawasan yakni Susur Sungai Seblat, Berkemah, Tubing Panjang, Tubing Pendek dan Agrowisata.

Wisata Susur Sungai Seblat dapat dilakukan selama 12 jam dari Pulau Seblat hingga ke Air Terjun Tembulun.

Sejumlah kegiatan yang ditawarkan dalam paket ini antara lain menikmati air terjun Tembulun, "hunting" foto, satwa liar pinggir sungai dan berenang.

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015