Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, memberikan kemudahan bagi dua keluarga korban kebakaran di Desa Semundam, Kecamatan Ipuh, dalam pembuatan dokumen administrasi kependudukan yang hangus terbakar.
 
"Kami bantu menyiapkan administrasi kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, dan Kartu Identitas Anak (KIA) supaya lengkap," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mukomuko Epin Masyuardi di Mukomuko, Minggu.
 
Kebakaran yang diduga berasal dari arus pendek listrik menghanguskan dua rumah warga Desa Semundam, Kabupaten Mukomuko, Kamis malam (29/6). Namun tidak korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

Kalau tidak ada administrasi kependudukan, kata dia, bagaimana warga yang menjadi korban kebakaran tersebut mengurus syarat yang lain seperti mengurus asuransi, mengurus dana pensiun, dan mengurus anak masuk sekolah.
 
Menurutnya, semua administrasi kependudukan yang hangus terbakar beberapa waktu lalu saling berhubungan dan dibutuhkan oleh warga yang menjadi korban kebakaran.
 
"Administrasi kependudukan yang terbakar tersebut paling pokok dan dibutuhkan serta menjadi pegangan masyarakat untuk mengurus keperluan penting, seperti BPJS kesehatan," ujarnya.
 
Selain memberikan kemudahan bagi keluarga warga korban kebakaran rumah di Desa Semundam, pihaknya juga memberikan kemudahan kepada warga yang menjadi korban bencana alam lain di daerah ini.
 
Untuk memberikan kemudahan kepada warga yang menjadi korban bencana alam, pihaknya membutuhkan bekerja sama dengan berbagai pihak seperti kepala desa dan camat.
 
"Yang penting kerja sama dengan kades dan camat untuk membuat surat keterangan terkait identitas warga yang menjadi korban bencana alam, nanti kita proses," ujar Epin.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023