Bengkulu (Antara-IPKB) - Bhakti sosial praktik lapangan peserta pelatihan dasar umum (LDU) tenaga fungsional KB di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma, Bengkulu sumbang puluhan akseptor KB dari kalangan keluarga kurang mampu atau pra-sejahtera dan sejahtera I.

Praktik lapangan peserta LDU dilaksanakan selama tiga hari sejak 15/2-17/2 dengan gelar kegiatan pendataan penyuluhan dan bhakti sosial pelayanan penyuluhan KB. Praktik yang diikuti sebanyak 25 orang peserta itu digelar di Desa Nyiur Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma, Bengkulu. 

Pada Selasa,17/2 pelayanan KB berhasil sumbang peserta baru sebanyak 33 akseptor dari kalangan keluarga kurang mampu. Terdapat menggunakan kontrasepsi jenis pil 10, suntik lima, implant tujuh dan kondom empat peserta, sedangkan untuk metode Intera Uterine Devica (IUD) sembilan peserta, kata Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB-KR) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bengkulu Masrofah kepada warta, Selasa 17/2.

Digelarnya pelayanan dalam prakik LDU itu dalam upaya meningkatkan kesertaan KB dengan kontrasepsi jangka panjang. Untuk mencapai hal tersebut, sejumlah peserta pelatihan dasar umum selain memberikan pelayanan, juga pendataan dan penyuluhan kepada masyarakat di Kecamatan Sukaraja, Seluma Bengkulu.

Ia menambahkan, pelayanan dalam bhaksos tersebut selain melayani pemasangan baru juga memberikan pelayanan pencabutan kontrasepsi, pungkas Masrofah.(dl) 

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015