Mukomuko (Antara) - Badan Koordinasi Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini menyiapkan alat kontrasepsi (Alkon) gratis untuk sebanyak 700 orang aseptor baru di daerah itu.

"Untuk pelayanan program keluarga berencana (KB) gratis masih ada persiapan alat kontrasepsi (Alkon) implan sebanyak 400 set dan IUD 300 set," kata Kabid Keluarga Berencana Kesehatan Keluarga Badan Koordinasi Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Mukomuko Edwin Harnani di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan hal itu saat mendirikan stan instansi di lokasi pameran hari ulang tahun (HUT) ke-12 kabupaten itu.  

Ia mengatakan, persiapan alkon implan dan IUD itu untuk pelayanan KB gratis di setiap kecamatan di daerah ini, termasuk pelayanan di stan pameran hari ulang tahun (HUT) kabupaten itu.

Pelayanan KB di setiap kecamatan di daerah itu, katanya, tidak hanya pemberian alkon secara gratis kepada aseptor baru, termasuk pemberian penyuluhan dan sosialisasi mengenai program KB.

Menurut dia, jika pemberian alkon gratis itu bersifat jangka pendek, sedangkan pengetahuan tentang program KB ini memberikan dampak jangka panjang agar warga mengerti program KB ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan keluarga.

Begitu juga pelayanan KB gratis di stan instansi itu, katanya, guna mendekatkan pelayanan KB ini kepada warga setempat.

"Pengunjung stan instansi akan diberikan buku panduan tentang program KB dan penyuluhan mengenai program ini," ujarnya.

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015