Banda Aceh,  (Antara) - Personel gabungan TNI/Polri menemukan ladang ganja siap panen seluas satu hektare di kawasan perkebunan Dusun Lhokdrien, Gampong Simiraj, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara.

         Komandan Kodim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Iwan Rosandriyanto melalui Danramil 25/NSA Lettu Inf Anhedrik, Rabu, mengatakan ladang ganja seluas satu hektare tersebut ditemukan Selasa (24/2) sekitar pukul 10.30 WIB.

         "Tanaman ganja yang ditemukan itu tingginya berkisar antara 60 centimeter hingga satu meter. Di ladang itu terdapat ribuan batang tanaman ganja, baik yang siap panen maupun sedang dalam pembibitan," kata dia.

         Penemuan ladang ganja tersebut hasil operasi personel TNI Kodim 0103/Aceh Utara dan Satuan Narkoba Polres Lhokseumawe. Operasi tersebut dipimpin Danramil 25/NSA Lettu Inf Anhendrik dan Kasat Narkoba Polres Lhokseumawe AKP Sofyan.

         Lettu Inf Anhendrik menyebutkan, dalam operasi penemuan ladang ganja tersebut tidak temukan pemiliknya. Diduga, pemiliknya kabur sebelum aparat keamanan tiba di ladang tanaman terlarang tersebut.

         Di ladang tersebut, kata dia, ada 3.000 batang tanaman ganja siap panen dengan ketikan 60 centimeter hingga satu meter, serta ada sekitar 1.000 batang tanaman ganja yang sedang dibibitkan dengan ketinggian mencapai 20 centimeter.

         "Dalam operasi itu, tanaman ganja tersebut dimusnahkan dengan jalan dicabut dan dibakar. Sebagian di antaranya diamankan ke Mapolres Lhokseumawe sebagai barang bukti untuk penyelidikan lebih lanjut," kata Lettu Inf Anhendrik.

         Sebelumnya, personel TNI dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0116/Nagan Raya, Provinsi Aceh, juga menemukan dan memusnahkan ladang ganja seluas satu hektare di Gampong Babah Suak, Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Nagan Raya.

         Ladang tersebut berada di kawasan perbukitan yang curam dan terjal. Jarak ladang sekitar dua jam berjalan kaki dari kampung terdekat. Tidak ditemukan pemilik tanaman ganja yang siap panen dengan ketinggian mencapai dua meter tersebut. ***2***

Pewarta: Oleh M Haris SA

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015