Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mengantar dan menyerahkan dokumen administrasi kependudukan kepada dua keluarga warga yang menjadi korban kebakaran rumah di Desa Semundam, Kecamatan Ipuh.
 
"Hari ini penyerahan dokumen administrasi kependudukan untuk dua keluarga yang menjadi korban kebakaran," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mukomuko Epin Masyuardi di Mukomuko, Kamis.
 
Ia menyebutkan, dokumen administrasi kependudukan yang diserahkan tersebut meliputi Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Baca juga: Kapolres Mukomuko beri bantuan sembako kepada korban kebakaran
 
Dua keluarga warga di Desa Semundam, Kecamatan Ipuh yang menerima dokumen administrasi kependudukan dari pemerintah daerah setempat, yakni Asran dan Saripon.
 
Kebakaran yang diduga berasal dari arus pendek listrik selain menghanguskan bangunan rumah milik dua keluarga ini, termasuk perlengkapan rumah tangga, dan dokumen administrasi kependudukan.
 
Kemudian pemerintah daerah setempat selain memberikan bantuan sembako dan memberikan kemudahan bagi dua keluarga korban kebakaran dalam pembuatan dokumen administrasi kependudukan yang hangus terbakar.
 
Menurutnya, dokumen administrasi kependudukan ini dibutuhkan oleh warga Kalau tidak ada administrasi untuk mengurus syarat yang lain seperti mengurus asuransi, mengurus dana pensiun, dan mengurus anak masuk sekolah.

Baca juga: PKK Mukomuko galang donasi untuk korban kebakaran
 
Menurutnya, semua administrasi kependudukan yang hangus terbakar beberapa waktu lalu saling berhubungan dan dibutuhkan oleh warga yang menjadi korban kebakaran.
 
"Administrasi kependudukan yang terbakar tersebut paling pokok dan dibutuhkan serta menjadi pegangan masyarakat untuk mengurus keperluan penting, seperti BPJS kesehatan," ujarnya.
 
Selain memberikan kemudahan bagi keluarga warga korban kebakaran rumah di Desa Semundam, pihaknya juga memberikan kemudahan kepada warga yang menjadi korban bencana alam lain di daerah ini.
 
Untuk memberikan kemudahan kepada warga yang menjadi korban bencana alam, pihaknya membutuhkan bekerja sama dengan berbagai pihak seperti kepala desa dan camat.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023