Rejanglebong (Antara) - Harga jual berbagai jenis sayuran pada tingkat petani di Kabupaten Rejanglebong Provinsi Bengkulu sejak sepekan ini, mengalami penurunan secara drastis.

"Harga sayuran kembali turun secara drastis, beberapa jenis sayuran yang harga jualnya anjlok ini, seperti kol bulat, tomat, sawi, dan terong. Kol bulat dan tomat di tingkatan petani cuma dihargai Rp200 per kg, sawi manis dan terong ungu Rp500 per kg, serta timun Rp600 sampai Rp700 per kg," ujar Herunoto (42), petani sayuran di Kecamatan Sindang Kelingi Rejanglebong, Senin.

Sedangkan jenis sayuran lainnya, kata dia, juga mengalami penurunan harga namun masih di atas Rp1.000 per kg, seperti sawi pahit, wortel, arcis yang dibeli agen sayuran, dengan harga mulai Rp1.200 hingga Rp2.000 per kg, selanjutnya daun bawang berkisar Rp2.500 per kg.

Anjloknya harga jual sayuran ini membuat kalangan petani setempat mengalami kerugian, mengingat harga jual tanaman sayuran yang mereka hasilkan tidak sebanding dengan modal yang dikeluarkan selama budidayanya, terutama untuk pembelian bibit, pupuk dan obat-obatan pertanian serta biaya pengolahan lahan.

Adanya penurunan harga sayuran jenis kol bulat, tomat dan sawi manis serta beberapa jenis sayuran lainnya di daerah ini, katanya lagi, membuat mereka tidak berdaya, karena selama ini harga sayuran ini ditentukan oleh agen sayuran.

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015