Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko di Provinsi Bengkulu sudah menyalurkan Rp13,8 miliar dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ke 195 sekolah.

"Dana BOS sebesar Rp13,8 miliar sudah masuk ke 195 sekolah dasar dan sekolah menengah pertama," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Ramon Hoski di Mukomuko, Selasa.

Baca juga: Kejaksaan kantongi sejumlah nama tersangka korupsi RSUD Mukomuko

Menurut dia, alokasi dana BOS bagi 195 sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Kabupaten Mukomuko pada tahun 2023 seluruhnya Rp27,7 miliar.

Perinciannya, alokasi dana BOS untuk sekolah dasar sebanyak Rp19,03 miliar dan sekolah menengah pertama sebanyak Rp8,69 miliar.

Ramon mengatakan bahwa tahun ini penyaluran dana BOS dilakukan dua kali dalam satu tahun.

Baca juga: Ujung Padang wakili Mukomuko lomba Kampung Bebas Narkoba

Menurut dia, sekolah bisa menggunakan dana BOS untuk membayar gaji guru dan pegawai sekolah, belanja barang dan jasa untuk mendukung proses belajar mengajar, hingga membiayai pelaksanaan penerimaan peserta didik baru.

Ia menyampaikan bahwa dana BOS yang diterima masing-masing sekolah berbeda karena ada sekolah yang kena sanksi pemotongan dana akibat terlambat menyampaikan laporan realisasi penggunaan dana dan punya sisa lebih anggaran.

Menurut ketentuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi besaran pemotongan dana bagi yang terlambat menyampaikan laporan satu bulan sebesar dua persen, bagi yang terlambat dua bulan sebesar tiga persen, dan bagi yang terlambat empat bulan sebesar empat persen. 

Ramon meminta pengelola sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Mukomuko menaati aturan mengenai penyampaian laporan pemanfaatan dana BOS.



Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023