Komando Resor Militer (Korem) 041/Garuda Emas Bengkulu membangun tiga pompa hidran di tiga desa di Provinsi Bengkulu guna mengatasi kesulitan air bagi warga.
 
"Hari ini datang dari Kostrad, tim yang bisa buat hidran, kami dapat tiga titik sementara ini, desanya memang tidak banyak masyarakatnya hanya 15-40 KK, tapi mereka masih ngambil air pakai ransel keranjang dan jaraknya cukup jauh," kata Komandan Korem (Danrem) 041/Gamas Bengkulu Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen, di Bengkulu, Selasa.

Baca juga: Kemenhub bangun Terminal Tipe A Bengkulu
 
Pompa hidran tersebut kata dia diharapkan dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih mereka. Dan tujuan akhirnya, tentu demi menyejahterakan masyarakat.
 
"Bisa saja kami bantu mesin pompa, namun itu membutuhkan listrik atau BBM, dan ini tentu akan membebani warga lagi. Oleh karena itu kami membantu warga pompa hidran yang pengoperasiannya tidak membutuhkan listrik, cukup dengan mekanisme tekanan air itu sendiri," kata dia.
 
Pompa hidran tersebut dapat mengalirkan air bersih ke wilayah perkampungan warga yang topografinya bisa jauh lebih tinggi dari sumber air tanpa membutuhkan listrik, hanya dengan mekanisme tekanan air. Ke depan, warga tidak perlu lagi mengangkut air dengan jeriken ataupun ransel air dalam memenuhi kebutuhan air bersih.
 
"Tiga titik yang akan dipasang hidran yakni satu di Kabupaten Rejang Lebong dan dua di Kabupaten Mukomuko," ujarnya.

Baca juga: Kemenhub minta Terminal Bengkulu jadi sumber pertumbuhan ekonomi baru
 
Dengan terpenuhinya kebutuhan air bersih warga, menurut dia diharapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tentunya juga dapat mencegah stunting.
 
"Pengentasan stunting ini ada korelasinya dengan manunggal air. Kaitannya kami lihat ke bawahnya, ketersediaan air bersihnya seperti apa, ada pencemaran atau tidak, termasuk tersedianya air bersih juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

 
Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023