Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu dalam minggu ini akan memulai pembangunan Pasar Jangkar yang berada di Pulau Baai dengan total biaya mencapai Rp2,67 miliar.
 
Untuk pembangunan pasar yang berada di kawasan Pelabuhan Pulau Baai tersebut akan dibangun 79 kios pedagang dengan bentuk L.
 
"Dalam waktu dekat akan mulai pembangunan fondasi pasar yang rencananya memiliki luas 600 meter persegi," kata Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bengkulu Firjoni Aprianto, di Kota Bengkulu, Rabu.
 
Ia menyebutkan, pada minggu ini, pemerintah akan melakukan peletakan batu pertama untuk fondasi dari Pasar Jangkar Mas tersebut.
 
Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat dan pedagang setempat untuk dilakukan pemindahan ke area yang telah ditentukan.
 
"Meskipun masih dalam proses pembangunan, sudah ada sebanyak 30 hingga 40 pedagang calon yang akan menempati lapak-lapak di pasar tersebut," ujar dia lagi.
 
Para pedagang yang telah berjualan di daerah pasar tersebut, untuk sementara akan dipindahkan ke tanah seberang milik Pemkot Bengkulu.
 
Pemindahan tersebut dilakukan agar aktivitas para pedagang tidak terganggu, karena pengerjaannya akan memakan waktu sekitar 120 hari.
 
"Ada tanah milik pemkot di depan area yang akan dibangun, kami akan pindahkan di sana sementara menunggu, karena pengerjaan waktunya 120 hari," ujarnya pula.
 
Menurut Firjoni, pembangunan pasar tersebut merupakan langkah dari Disperindag Kota Bengkulu untuk melengkapi pasar-pasar yang ada di wilayah tersebut.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023