Mukomuko (Antara) - Konsorsium Yayasan Genesis Bengkulu, Rabu, mengadakan pelatihan kajian lingkungan hidup strategis bagi personel kelompok kerja pengendalian lingkungan di Kabupaten Mukomuko.

"Pelatihan ini untuk memberikan ilmu kepada kelompok kerja (Pokja) pengendalian lingkungan," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Mukomuko Syafkani, saat membuka acara pelatihan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS), di Mukomuko, Rabu.

Pelatihan KLHS bagi pokja pengendalian lingkungan di selenggarakan selama dua hari Rabu hingga Kamis (26/3) di aula pertemuan Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko.

Menurut Syafkani, pokja pengendalian lingkungan ini wajib mengikuti pelatihan agar mengerti melakukan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) di daerah itu.

Syafkani menilai kegiatan pokja ini banyak berkaitan dengan tugas dan fungsi dinas pertanian. Karena di dinas itu ada seksi konservasi sumber daya alam (KSDA). Peranan KSDA ini dengan kawasan sangat vital dan mempengaruhi lingkungan.

Selain itu, dinas ini pemegang kegiatan di KSDA dan kawasan hutan. Jadi secara langsung memang sudah menjadi tugas dan fungsinya.

Menurutnya, peran pokja pengendalian lingkungan ini sangat besar dalam mendukung pembangunan. Agar pembangunan memperhatikan lingkungan.

"Apa jadinya kalau sumber air kita tidak ada. Belum lagi dampak pembangunan yang tidak memperhatikan faktor lingkungan, berakibat bencana alam karena," ujarnya.

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015