Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Pulau Baai Bengkulu mengimbau masyarakat khususnya nelayan agar waspada terhadap angin kencang di wilayah Provinsi Bengkulu yang mencapai 21 knot.

Selain angin kencang, nelayan juga diimbau waspada terhadap gelombang dengan ketinggian mencapai empat meter yang terjadi di sekitar perairan Bengkulu.
 
"Masyarakat Bengkulu diimbau tetap waspada terhadap potensi angin kencang yang terjadi di sepanjang pesisir Bengkulu dan gelombang laut yang tinggi," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Pulau Baai Bengkulu Anang Anwar di Kota Bengkulu, Senin.

Baca juga: Pemprov Bengkulu perpanjangan program pemutihan denda pajak kendaraan
 
Oleh karena itu, ia meminta masyarakat agar terus memonitor informasi terkait kondisi cuaca terkini guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
 
"Selain itu, jika berkunjung ke kawasan pantai agar tidak bermain air apalagi mandi serta mengikuti instruksi dari tim yang ada di lapangan," katanya.
 
Sementara itu, kata Anang, untuk beberapa hari ke depan, sejumlah wilayah di Bengkulu berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai petir dan angin kencang.

Baca juga: Wawali Bengkulu imbau bakal caleg tidak rusak ruang terbuka hijau
 
Untuk wilayah yang berpotensi terjadi hujan berada di Kabupaten Mukomuko, Kaur, Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah, dan Lebong.
 
Terjadinya curah hujan di beberapa wilayah tersebut disebabkan adanya perlambatan kecepatan angin.
 
Menurut dia, kelembapan udara yang cukup basah di lapisan bawah hingga atas, serta libitas udara yang cukup signifikan menyebabkan adanya potensi pembentukan awan hujan di wilayah Bengkulu.
 
 
"Selain gelombang tinggi dan angin kencang, hujan lebat juga masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Bengkulu," ujar Anang.


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023