Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kota Bengkulu mengatakan pada pelaksanaan kirab, pihaknya memfokuskan sosialisasi kepada masyarakat agar aktif menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
"Tujuan utama kegiatan kirab pemilu yaitu KPU Kota Bengkulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pada 2024 pelaksanaan pemilu. Sehingga masyarakat mengetahui kapan dilaksanakan pemilu serta akan menekan angka golput dan mensosialisasikan agar masyarakat aktif menggunakan hal pilihnya dan ditargetkan pada Pemilu 2024 angka golput di Kota Bengkulu rendah," kata Ketua KPU Kota Bengkulu Reyendra Firasad di Kota Bengkulu, Rabu.
 
Ia menyebutkan, pelaksanaan kirab pemilu dilakukan mulai 16 hingga 23 Agustus usai KPU Kabupaten Rejang Lebong menggelar kirab pada 9 hingga 15 Agustus 2023.
 
Untuk kegiatan kirab di Bengkulu, pihaknya akan melakukan sosialisasi dan lomba agar masyarakat mengetahui hal-hal kepemiluan seperti peserta pemilu dan pelaksanaannya, serta kegiatan sosialisasi difokuskan ke pemilih pemula dan masyarakat marginal lainnya.
 
Sementara itu, Anggota KPU Kota Bengkulu Irwansah menerangkan, kegiatan kirab pemilu dilakukan sebagai ajang sosialisasi, koordinasi dan konsolidasi untuk pemersatu bangsa.
 
Pada kirab pemilu tersebut, pihaknya melakukan sosialisasi di sejumlah pasar, tempat pembuangan akhir (TPA) dan sekolah menengah atas bagi pemilih pemula yang ada di Kota Bengkulu.
 
Setelah melaksanakan sosialisasi, KPU Kota Bengkulu dan seluruh anggota partai politik melakukan pawai berkeliling ke seluruh wilayah Bengkulu.
 
Diketahui pada Rabu (16/8) ini, KPU Kota Bengkulu melakukan serah terima kirab Pemilu 2024 di Kota Bengkulu sebagai kabupaten/kota ke-31 jalur I Aceh dan melakukan penandatanganan deklarasi pemilu sebagai sarana integrasi bangsa.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023