Bengkulu (Antara) - Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu mendistribusikan naskah soal Ujian Nasional (UN) ke Kabupaten Mukomuko yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan.

"Mukomuko didahulukan karena jaraknya sangat jauh dan waktu tempuh juga lama," kata Ketua Panitia Pelaksanaan Ujian Nasional Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu Wahyu Darma Priatna di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan jarak tempuh ke Kabupaten Mukomuko mencapai 270 kilometer dengan waktu tempuh lebih dari tujuh jam.

Pertimbangan jarak tersebut membuat panitia mendahulukan pendistribusian soal UN ke kabupaten paling utara itu.

Sementara naskah soal UN untuk sembilan kabupaten dan kota lainnya, yakni Kota Bengkulu, Seluma, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Bengkulu Selatan, Kepahiang, Lebong, Rejanglebong, dan Kaur, akan didistribusikan pada Kamis (9/4).

"Khusus untuk Pulau Enggano sudah kami kirim pada 3 April karena pertimbangan jarak dan sarana transportasi bergantung pada jadwal kapal laut," kata Wahyu.

Pemerintah mengagendakan pelaksanaan ujian nasional untuk jenjang SMA/sederajat pada 13 hingga 15 April 2015.

Pada ujian hari pertama untuk jurusan IPA akan mengerjakan soal mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Kimia, sedangkan jurusan IPS mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Geografi.

Hari kedua atau pada Selasa (14/4) peserta UN akan mengerjakan soal mata pelajaran Matematika dan Biologi untuk jurusan IPA dan mata pelajaran Matematika dan Sosiologi untuk jurusan IPS.

Sedangkan pada hari terakhir mengerjakan soal mata pelajaran Bahasa Inggris dan Fisika untuk jurusan IPA dan mata pelajaran Bahasa Inggris dan Ekonomi untuk jurusan IPS.

Diknas Provinsi Bengkulu menyebutkan jumlah peserta ujian nasional di daerah ini sebanyak 15.934 orang untuk SMA/MA, 70.150 orang pelajar SMK, dan 1.513 peserta ujian paket C.***4***

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015