Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mempersiapkan sebanyak 11 desa wisata di daerah ini untuk mengikuti ajang tingkat provinsi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023 yang digelar Pemerintah Provinsi Bengkulu.
 
"Kita sedang mempersiapkan administrasi desa untuk mengikuti ajang ADWI tingkat provinsi," kata Kepala Bidang Pariwisata, Kepemudaan, Olahraga Kabupaten Mukomuko Riskan di Mukomuko, Kamis.
 
Sebanyak 11 desa wisata di daerah ini, yakni Desa Arga Jaya, Desa Pulai Baru, Desa Pasar Ipuh, Desa Sinar Laut, Desa Teluk Bakung, Desa Teramang Jaya, Desa Pasar Bantal, Desa Lubuk Bento, Desa Setia Budi, dan Desa Air Dikit.
 
Ia meminta 11 desa baik yang dikelola oleh Pokdarwis dan BUMDes untuk mempersiapkan berkas persyaratan untuk mengikuti ajang provinsi ADWI 2023 tingkat provinsi. Desa-desa tersebut mempersiapkan administrasi desa seperti profil desa, seluruh potensi desa yang sudah dan belum dikelola sampai sekarang.
 
Kemudian, katanya, administrasi kelembagaan desa wisata yang meliputi surat keputusan (SK) kepala desa terkait penetapan pengurus desa wisata dan SK bupati tentang penetapan desa wisata.
 
Ia mengatakan, masing-masing desa ini mempunyai kelebihan dan desa wisata karena kekompakan seluruh komponen desa mulai dari seluruh lembaga pemerintah desa sampai seluruh lembaga.
 
Sebanyak 11 desa wisata ini, katanya, memiliki objek wisata unggulan masing-masing seperti objek wisata pantai dan buatan berupa water boom dan wisata kuliner.
 
Sementara itu, katanya, ada sebanyak 12 desa wisata di daerah ini yang mengikuti ajang nasional ADWI yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).
 
Dari sebanyak 12 desa wisata, hanya Pulau Baru dan Desa Air Dikit yang masuk 500 besar ADWI, lalu dari dua desa ini hanya Desa Pulau Baru yang masuk 300 besar, yakni Desa Pulau Baru.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023