Mukomuko (Antara) - Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu tahun 2015 menargetkan dapat mengeliminasi sebanyak 400 hingga 600 ekor anjing liar di daerah ini.

"Target kami dapat mengeliminasi sebanyak 400 hingga 600 ekor anjing liar yang tersebar di enam kecamatan di daerah ini," kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Jumadi, di Mukomuko, Senin.    

Ia menyebutkan, enam kecamatan itu, di antaranya Kecamatan Air Rami, Kecamatan Malin Deman, Air Dikit, Kecamatan Penarik, dan Kecamatan Lubuk Pinang.   

Instansi itu, katanya lagi, telah mengadakan rapat persiapan eliminasi anjing liar dengan tim eliminasi pemerintah setempat yang terdiri dari dinas itu, pihak kepolisian, satuan polisi pamong praja (Satpol PP) setempat, dan koramil masing-masing.   

Sedangkan pelaksanaan eliminasi anjing liar di daerah itu, katanya pula, dilaksanakan paling lama sebelum bulan puasa Ramadan tahun ini.

Tidak hanya anjing liar, ujar dia, pihaknya juga mengeliminasi anjing berpenyakit kurap agar penyakit itu tidak menular ke hewan lain maupun kepada manusia.  

Dia mengatakan, tahun ini instansi itu memberikan vaksinasi antirabies kepada anjing peliharaan warga setempat agar tidak mengidap penyakit rabies.

"Pemberian vaksinasi ke anjing ini untuk antisipasi agar penyakit rabies tidak menular kepada manusia lewat gigitannya," ujarnya pula.***4***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015