Perum Bulog Kantor Cabang Rejang Lebong pada Senin mengirim bantuan beras ke tiga kecamatan di tiga kabupaten di wilayah Provinsi Bengkulu.

Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Rejang Lebong Guslindawati melepas kendaraan pengangkut beras bantuan untuk tiga kecamatan di Gudang Bulog Cabang Rejang Lebong.

Dia menjelaskan bahwa penyaluran bantuan beras dari cadangan beras pemerintah (CBP) tahap kedua dimulai dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Curup Timur di Kabupaten Rejang Lebong, Kecamatan Kepahiang di Kabupaten Kepahiang, dan Kecamatan Rimbo Pengadang di Kabupaten Lebong.

Menurut dia, total beras bantuan yang dikirim ke tiga kecamatan itu sebanyak 45.410 kg atau 45,4 ton dengan perincian sebanyak 6.780 kg untuk Kecamatan Rimbo Pengadang, sebanyak 9.920 kg untuk Kecamatan Curup Timur, dan sebanyak 28.710 kg untuk Kecamatan Kepahiang.

"Penyaluran beras CBP ini nantinya akan dilanjutkan untuk kecamatan-kecamatan lainnya dalam tiga kabupaten," katanya.

Ia menyampaikan bahwa pemerintah melakukan penyaluran bantuan beras tahap pertama dari Maret hingga Mei 2023.

Menurut dia, penyaluran bantuan beras tahap kedua rencananya dilaksanakan mulai Oktober 2023 tetapi kemudian dimajukan pada September guna menekan dampak fenomena El Nino.

Pada tahap kedua, ia melanjutkan, pemerintah menyalurkan bantuan beras masing-masing sebanyak 10 kg per bulan kepada warga miskin selama tiga bulan.

"Jadwalnya pembagian beras ini semula akan dilakukan Oktober hingga Desember tetapi dipercepat menjadi September hingga November," kata Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi.

Pada acara pelepasan kendaraan pengangkut bantuan beras, Bupati meminta para camat, lurah, dan kepala desa di wilayahnya mengawasi penyaluran bantuan beras untuk warga miskin untuk memastikan bantuan pemerintah sampai ke sasaran yang tepat.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023