Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu memprediksi sejumlah wilayah di Bengkulu berpotensi turun hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.
 
Untuk wilayah yang berpotensi terjadi hujan yaitu Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Lebong, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur.

Baca juga: BMKG prakirakan potensi angin kencang di Bengkulu capai 34 knots
 
"Sebagian sejumlah wilayah Provinsi Bengkulu mulai berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas ringan hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada beberapa hari ke depan," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Winda di Bengkulu, Selasa.
 
Ia menyebutkan, potensi tersebut disebabkan karena adanya kelembapan yang cukup basah di lapisan bawah hingga atas serta labilitas udara yang labil sehingga menyebabkan adanya potensi pembentukan awan hujan di wilayah pegunungan bukit barisan Bengkulu.
 
Selain itu, wilayah Perairan Bengkulu juga diprediksi mencapai tiga meter sedangkan untuk di wilayah Pulau Enggano dan Samudera Hindia Barat Bengkulu mencapai maksimum empat meter.
 
"Kami mengimbau masyarakat Bengkulu terutama wilayah pesisir untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan tetap memantau informasi cuaca resmi dari BMKG," ujarnya.

Baca juga: BMKG deteksi 26 titik panas di Bengkulu berpotensi terjadi kebakaran
 
Serta, jika berkunjung ke kawasan pantai untuk tidak bermain air apalagi berenang serta mengikuti instruksi dari tim yang ada di lapangan.
 
Sebelumnya, potensi angin kencang di wilayah tersebut beberapa hari ke depan mencapai 34 knots.
 
Untuk angin kencang tersebut disebabkan karena adanya belokan angin di wilayah Sumatera khususnya di Provinsi Bengkulu dengan kondisi cuaca cerah hingga cerah berawan.
 
Selain angin kencang, pada akhir September akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang berada di Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Kaur, Kabupaten Seluma dan Kabupaten Mukomuko.*


Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023