Mukomuko (Antara) - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu akan membuka pendaftaran bagi anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan di daerah itu.

"Sekitar tanggal 11 Mei 2015 akan mulai dibuka. Tapi, untuk pastinya kami rapat terlebih dahulu," kata Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Mukomuko, Sujarwanto, di Mukomuko, Senin.

Panwaslu setempat membutuhkan sebanyak 45 orang Panwascam, yaitu sebanyak tiga orang per kecamatan.  

Ia mengatakan, selain Panwascam, akan direkrut pula Panitia Pengawas Lapangan (PPL) di tingkat desa.

Jumlah PPL yang direkrut sesuai dengan jumlah desa dan kelurahan di daerah itu, katanya lagi, yakni sebanyak 151 orang yang bertugas di 148 desa dan tiga kelurahan.

"Satu orang PPL akan mengawasi pelaksanaan pilkada di satu desa atau satu kelurahan," ujarnya pula.

Ia memastikan, Panwaslucam dan PPL yang akan direkrut nantinya adalah orang yang terpilih dan memiliki pengalaman dalam melakukan pengawasan pilkada di wilayah itu.

Sedangkan, lanjutnya, tugas Panwaslucam dan PPL membuat laporan terkait kegiatan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPK).

"Mereka ini sejalan dalam menyukseskan pilkada tahun 2015 di daerah ini," ujar dia.

Selain itu, katanya pula, tugas Panwaslucam dan PPL mengawasi aktivitas peserta pilkada di wilayah tugasnya masing-masing dan membuat laporan pelanggaran dalam pilkada.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015