Rejanglebong (Antara) - Bupati Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, Suherman mengatakan kontes batu dan pameran batu akik merupakan salah satu ekonomi kreatif yang muncul di setiap daerah.

"Kontes maupun pameran batu akik dalam rangka peringatan HUT Kota Curup yang ke 135 ini merupakan bagian dari pengembangan ekonomi kreatif yang saat ini sedang digalakkan pemerintah. Selain itu kegiatan ini juga untuk mengembangkan sumber daya alam yang dimiliki daerah, karena batu akik yang dipamerkan ini merupakan hasil alam," kata Bupati Suherman saat membuka kontes batu akik dalam rangka peringatan HUT Kota Curup ke 135 bertempat di Balai Agung lapangan Setia Negara Curup, Jumat.

Kontes batu akik yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut kata dia, merupakan ajang promosi wisata dan bisa dijadikan souvenir atau buah tangan sebagai tanda sudah pernah berkunjung ke Provinsi Bengkulu, mengingat hampir di setiap diwilayah ini memiliki potensi batu akik yang bernilai tinggi.

Adanya kegiatan ini diharapkan nantinya juga akan memberikan peningkatan perekonomian masyarakat setempat secara luas serta menjadi ajang unjuk kemampuan bagi para pencinta batu akik yang datang dari berbagai daerah di Provinsi Bengkulu serta daerah lainnya di Sumatera.

Untuk itu dia mengimbau dinas dan instansi terkait untuk mencari dan mengembangkan potensi batu akik yang ada dalam 15 kecamatan di Rejanglebong sehinggaa nantinya dapat menjadi ikon daerah seperti yang ada di kabupaten lainnya di Provinsi Bengkulu.

Sementara itu ketua panitia kontes dan pameran batu akik yang bertajuk Curup @ gemstones 2015, M Ridwan mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari terhitung 8-10 Mei. Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kota Curup ke 135, dimana peserta yang mengikutinya mencapai 250 orang.

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Kota Curup ke 135, sedangkan untuk para pesertanya selain dari Kabupaten Rejanglebong juga berasal dari berbagai kabupaten/kota di Bengkulu serta kota-kota lainnya di Sumatera. Para peserta ini akan memperebutkan total hadiah yang disiapkan panitia mencapai Rp33 juta," ujarnya.

Untuk kategori kontes kata dia, mulai dari kategori chalcedony seperti red chalcedony, orange chalcedony, yellow chalcedony, white chalcedony. Kemudian motif tokoh, pemandangan huruf atau angka motif hewan, unik atau antik dan kecubung wulung atau Api. Selain itu ada juga mix cewek mulai dari cincin, liontin, dan gelang selain itu ada juga obsidian free colour. ***1***

Pewarta: Oleh Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015