Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Hidayah Kota Bengkulu melakukan pembersihan dan pengerukan tangki  agar dapat menampung air lebih banyak guna mengantisipasi terjadinya kekeringan di musim kemarau.

Direktur Perumda Tirta Hidayah Samsu Bahari di Bengkulu Selasa mengatakan, hal tersebut dilakukan akibat kemarau panjang yang menyebabkan sumber air baku Perumda Tirta Hidayah Kota Bengkulu yang berada di Sungai Bengkulu dan Sungai Jenggalu menurun debitnya.

"Upaya pertama dalam mengatasi masalah tersebut kami melakukan pembersihan atau pengerukan intake sehingga dapat menampung air lebih banyak," kata Direktur Samsu Bahari.
 
Karena itu dia meminta maaf kepada seluruh pelanggan Perumda Tirta Hidayah Kota Bengkulu akibat pendistribusian air ke pelanggan mungkin akan terganggu, terutama yang jaraknya jauh dari reservoar dan daerah-daerah yang letaknya di dataran tinggi akibat tidak bisa maksimalnya produksi dan distribusi air bersih
 
Selain melakukan pengerukan, juga akan melaksanakan shalat Istisqa untuk meminta turunnya hujan di Kota Bengkulu.
 
Meskipun demikian, pihaknya tetap menyediakan bantuan air bersih untuk masyarakat yang terdampak musim kemarau atau el Nino di wilayah tersebut.

"PDAM menyediakan bantuan air bersih bagi masyarakat yang terdampak dari musim kemarau panjang yang mengakibatkan sebagian masyarakat mengalami kekeringan," kata Samsu.
 
Bagi masyarakat yang mengalami kekeringan dan membutuhkan bantuan air bersih dapat meminta bantuan dengan menyampaikan surat ke Perumda Tirta Hidayah atau PDAM Kota Bengkulu melalui ketua RT masing-masing, dan bisa juga degan cara menghubungi nomor layanan 0852-1600-0788.
 
Kemudian, masyarakat dapat menyiapkan tempat penampungan yang dapat dijangkau selang tangki sepanjang lima meter, dan satu mobil tanki tersebut dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk lima hingga tujuh rumah.
 
"Bantuan air bersih ini gratis, jika ada masyarakat yang membutuhkan silakan hubungi Perumda Tirta Hidayah Kota Bengkulu dengan melampirkan alamat yang lengkap," kata dia.
 
Sementara itu, Pemerintah Kota Bengkulu telah mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bijak menggunakan air bersih menjelang dan saat musim kemarau.
 
Masyarakat juga diminta agar dapat beradaptasi, sebab pada setiap musim kemarau di Kota Bengkulu terjadi kelangkaan air bersih.



Update Berita Antara Bengkulu Lainnya di Google News

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023