Bengkulu (Antara) - Pengumuman hasil kelulusan tingkat SMA sederajat akan dilakukan langsung oleh pihak sekolah, kata Ketua Panitia Penyelenggara Ujian Nasional (UN) Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, Wahyu Dharma Priatna.

"Pengumuman kelulusan langsung dari pihak sekolah mulai siang sampai pukul 22.00 WIB," kata dia kepada wartawan di Bengkulu, Jumat.

Ia memastikan sebanyak 241 orang siswa tidak lulus UN karena mereka tidak mengikuti ujian.

Para siswa yang tidak mengikuti ujian tersebut yakni sebanyak 126 orang pelajar SMA dan sebanyak 115 orang pelajar tingkat SMK.

"Kalau hanya ikut UAS saja tapi salah satu pelajaran UN tidak ikut, tetap saja tidak bisa lulus," katanya.

Ia mengatakan Diknas Bengkulu belum mendapat data jumlah siswa yang lulus sebab masih diolah pihak sekolah masing-masing.

Nilai UN, kata dia, menjadi salah satu komponen penentu kelulusan.

Syarat kelulusan antara lain siswa harus menyelesaikan seluruh pembelajaran di sekolah, berkelakuan baik, serta mengikuti seluruh proses ujian, baik Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Nasional (UN).

Ia menambahkan bahwa jumlah peserta UN tingkat SMA sebanyak 15.934 orang dan tingkat SMK sebanyak 7.150 orang peserta.

Sementara empat orang siswa yang menjalani UN di Lapas Malabero, Wahyu mengatakan keterlibatan dalam kasus hukum tidak mempengaruhi kelulusan selama pihak sekolah mengizinkan untuk lulus.

"Hukum pidana tidak ada hubungannya dengan kelulusan, kecuali kalau sekolah menganggap mereka tidak  lulus," katanya. ***4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015