Rejanglebong (Antara) - Pemerintah Kabupaten Rejanglebong Provinsi Bengkulu, akan menggelar lomba cipta menu masakan ikan dalam rangka peringatan hari jadi ke-135 Kota Curup.

Menurut keterangan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Rejanglebong, Amrul Eby di Curup, Rabu, lomba cipta menu masakan ikan ini akan dilaksanakan pada 22 Mei nanti, dalam rangka peringatan HUT ke-135 Kota Curup tahun ini.

"Lomba cipta menu masakan ikan ini dilaksanakan atas kerjasama Disnakan dengan TP-PKK Rejanglebong. Perlombaan ini sepenuhnya akan menggunakan bahan dasarnya dari ikan," ujarnya.

Pelaksanaan lomba cipta menu masakan ini kata dia, merupakan bagian dari upaya Pemkab Rejanglebong dalam program meningkatkan gemar makan ikan, karena di dalam ikan ini berisikan banyak protein untuk kebutuhan tubuh serta menunjang pertumbuhan anak-anak.

Kegiatan tersebut tambah dia, akan diikuti oleh perwakilan dari 60 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) mulai dari dinas instansi hingga perwakilan dari 15 kecamatan. Para pemenang dalam lomba ini selanjutnya akan mewakili Pemkab Rejanglebong dalam kegiatan serupa di tingkat Provinsi Bengkulu.

Diharapkan dengan adanya perlombaan ini nantinya akan menciptakan kreasi menu olahan masakan ikan baik ikan air tawar maupun ikan laut sehingga dapat menambah khasanah kekayaan daerah dan nusantara serta akan menjadi daya tarik orang lain untuk mencobanya.

Untuk tim penjurian dalam perlombaan ini kata dia, akan melibatkan sejumlah pakar masakan, ahli gizi serta juri dari dinas kesehatan dan lainnya.

Sedangkan untuk masakan yang dinilai berdasarkan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan dan sesuai dengan menu yang terdaftar di masing-masing tim peserta seperti penilaian dari segi kreasi, penataan, inovasi hingga kandungan gizi yang terdapat dalam menu ikan tersebut.***1***

Pewarta: Oleh Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015