Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyebutkan sebesar 90 persen dana bagi hasil (DBH) sawit yang diterima daerah ini digunakan untuk pembangunan fisik jalan.
 
"Untuk sekarang ini masih di angka 90 persen dari Rp16,8 miliar DBH sawit untuk fisik jalan dan jembatan, sisanya di OPD Dinas Pertanian dan Dinas Lingkungan Hidup," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko Apriansyah, di Mukomuko, Jumat.
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko mendapatkan DBH sawit sebesar Rp16,8 miliar dari pemerintah pusat, atau terbesar dibandingkan dengan kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.
 
Ia mengatakan, tahapan penggunaan DBH sawit di daerah ini sudah dilakukan, yakni sosialisasi, zoom meeting, dan koordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN).
 
Selain itu, katanya lagi, penggunaan DBH sawit ini harus sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 91 Tahun 2023 tentang salah satunya juknis DBH sawit.
 
Dia mengatakan bahwa dalam ketentuan tersebut diwajibkan peningkatan jalan yang sudah ada di surat keputusan (SK) bupati, dan jalan itu dilalui oleh logistik kelapa sawit.
 
Kemudian pembangunan jalan itu, katanya pula, adalah aspal dan tuntas satu ruas.
 
Ia menjelaskan, contohnya jalan di SK sepanjang tiga kilometer dan kondisi rusak tiga kilometer ini harus selesai. Kalau dibangun satu kilometer ini tidak sesuai ketentuan Kementerian PUPR RI.
 
"Makanya dalam verifikasi usulan ini sangat ketat, maka kami memprioritaskan jalan yang sudah lama tidak teraspal dan jalan itu bisa menambah nilai kemantapan jalan kabupaten," ujarnya lagi.
 
Dia menyebutkan, kalau usulan dari dinas ada enam ruas jalan, sebanyak enam ruas jalan dibangun tahun 2023 dan tiga ruas jalan dibangun tahun 2024 sesuai pagu yang sudah diberikan.
 
Adapun tiga ruas jalan yang dibangun tahun 2023, yakni ruas jalan menuju tempat pembuangan akhir (TPA) sampah, jalan Desa Air Hitam, dan jalan Desa Retak Ilir.
 
Kemudian tahun 2024 masih menjadi pertimbangan bupati, seperti ruas Jalan Sultan Takdir Kilafatullah, jalan Desa Suka Maju menuju Desa Sedang Mulya, lalu jalan Desa Maju Makmur menuju Desa Sumber Mulyo.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023